Meningkatkan Wawasan Dengan Berbagi Pengetahuan

Jumat, 12 April 2013

PAIT



Anjungan Laut, Objek Wisata Pantai Alam Indah Tegal.
Pantai Alam Indah Tegal, merupakan objek wisata yang terletak di kota Tegal –tepatnya 100 meter dari Jalan Pantura. Pantainya yang sangat asli dan bersih, selain itu juga dilengkapi sarana bermain anak. Lokawisata Kota Tegal ini kini terus berbenah, penambahan sarana dan prasarana di objek wisata tersebut terus dilakukan Pemkot Tegal. Kalau selama ini sarana wisata yang ada itu berupa: Taman Bermain; Waterboom; dan Monumen Bahari, maka mulai awal Ramadhan sarananya dilengkapi dengan Anjungan Laut yang ­panjangnya mencapai 250 meter dan Kapal Restorasi (restoran terapung) bernama ­ Lor Ing Margi. Jenis restoran apung tersebut bisa dibilang “satu-­satunya” di Jawa Tengah. Tentu saja itu semua bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Keberadaan restoran apung Lor Ing Margi dan Anjungan Laut baru dapat menjadi magnet untuk menggaet wisatawan lokal maupun dari luar daerah untuk berkunjung ke pantai ini. Kapal Lor Ing Margi resmi beroperasi, Minggu (9/8). Laun­ching dilakukan Wali Kota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak. Kapal tersebut merupakan kapal kargo yang biasa digunakan untuk mengangkut kayu dari Kalimantan. Namun sejak tahun 2007, oleh PT Tegal Shipyard Utama, kapal yang memiliki panjang 45 meter dan lebar 12,5 meter itu disulap menjadi sebuah Kapal Restorasi (restoran terapung).


Somay Cilokba
Ada berbagai makanan yang dapat kita temui jika sedang berwisata di Pantai Alam Indah Kabupaten Tegal. Salah satunya adalah Somay Cilokba. Meskipun bukan makanan khas, Somay ini banyak digemari, baik oleh para wisatawan asli Tegal maupun luar kota Tegal. Somay Cilokba memiliki cita rasa yang sangat khas karena acinya sangat kenyal ditambah dengan bumbu kacang kental, kecap manis dan sedikit saos tomat. Dari gigitan pertama kita akan merasakan sensasi yang luar biasa di indra pengecap kita, semakin sempurna sensasi yang kita dapatkan jika makan Somay sambil melihat pemandangan alam yang indah di sini. 

Monumen Bahari
Monumen Bahari Kota Tegal dibangun atas prakarsa Bapak Walikota Adiwinarso, S.Sos, untuk mengenang Kota Tegal sebagai cikal bakal terbentuknya Korps Marinir TNI Angkatan Laut Indonesia, juga sebagai sarana edukatif bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai dunia Bahari. Monumen Bahari diresmikan oleh KASAL Laksmana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, SH. dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Dra. Rustriningsih pada hari sabtu tanggal 20 Desember 2008. Monumen Bahari terletak di Objek wisata pantai Alam Indah Kota Tegal dengan luas lahan 500 meter persegi dengan dilengkapi ruang display, Pedestriyan bagi pejalan kaki dan sebuah taman. Selain itu, di Monumen Bahari ditempatkan eks alat utama sistem pertahanan (ALUTSISTA) yang merupkan hibah dari Angkatan Laut berupa: Pesawat Nomad 22, Kendaraan Tempur Tank PT 76 Pintam BRDDM, Meriam Darat Kaliber 85 mm, Terpedo, Ranjau Tanduk, Bouyance, Mounting Sea Cat, Jangkar dan Rantai, serta Lampu Navigasi. Kesemuanya itu untuk mempercantik Objek Wisata Pantai Alam Indah dan mengenang Kota Tegal sebagai cikal bakal terbentuknya Korps Marinir TNI AL Indonesia.

Water Boom
Sebagai pelengkap fasilitas di Objek Wisata Pantai Alam Indah, wahana Water Boom menawarkan kemeriahan dan keceriaan pengunjung untuk berbasah-basahan dalam pesta air. Pacuan adrenalin dan jeritan histeris saat menaiki Waterslid –merupakan papan seluncur yang tingginya kurang lebih sekitar 30 meter akan menambah meriahnya rekreasi di pantai ini, sebuah poci dengan ukuran yang besar setiap saat dapat membasahi pengunjung dengan menumpahkan isinya –air akan dikumpulkan dalam satu poci penuh dan sewaktu-waktu bisa menyiram pengunjung.  Pengunjung akan menikmati dan merasakan sensasi dari Poci Tumpah di wahana Water Boom Objek Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal. Selain itu, Wahana Water Boom juga dilengkapi dengan ruang ganti loker pakaian, tempat bilas out door, kamar mandi dan kantin untuk bersantai.

Anjungan Laut
Pasir Hitam
Anjungan Laut yang terletak di tengah-tengah laut menambah keindahan wisata pantai ini. Pantainya sangat indah dan bersih, juga bisa dijadikan tempat bermain-main bersama sanak keluarga. Anjungan Laut Pantai Alam Indah merupakan salah satu sarana bagi pengunjung untuk melihat serta merasakan betapa indahnya jika kita berada di tengah laut. Selain itu, kita bisa melihat jernihnya air laut dari tengah dan melihat habitat laut yang beraneka ragam seperti: ikan, ubur-ubur dan lainnya.
Pantai Alam Indah memiliki pasir berwarna hitam. Meski demikian, bermain di pinggiran pantainya sangatlah menyenangkan. Kita bisa basah-basahan atau bersantai di tepian pantai. Jika ingin mengarungi lautan, dapat mencoba untuk menyewa kapal-kapal di pantai ini. Pengunjung bisa membelah lautan dan mengunjungi tempat-tempat menarik, seperti Karang Jeruk yang menjadi tempat favorit untuk memancing. Ada ikan tenggiri dan kakap merah di lautannya. 




Pantai Purwahamba Indah (Purin)
Satu lagi wisata yang ada di Kabupaten Tegal, yaitu Pantai Purwahamba Indah atau biasa disebut Purin tapi ada pula yang menyebutnya Pantai Sosro. Dengan lokasi yang strategis, yaitu di Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah, membuat tempat wisata ini mudah diakses dari mana saja. Yang paling menjadi ciri khas dari Purin adalah patung besar di depan pintu masuk, serta tidak ketinggalan pula sponsor Sosro yang menghiasi setiap sudut wisata ini. Di Purin kita bisa menemukan: Kolam Renang Internasional, Waterboom, Sepeda Air, Kereta Mini, Kebun Binatang Mini, Taman Ria, Dermaga, Gazebo, Shelter, Ruang Pertemuan, Café , dan lain-lain.
Jika biasanya pantai berpasir hitam memiliki pasir yang kasar, maka berbeda dengan Pantai Purwahamba Indah di Tegal. Pantai ini memiliki pasir hitam yang halus dan nyaman untuk dinikmati. Ada dua pantai yang dapat Anda kunjungi di Tegal, yaitu Pantai Alam Indah dan Pantai Purwahamba Indah. Bedanya, pasir hitam di Purwahamba Indah lebih halus dari pasir hitam di Pantai Alam Indah. Pantai Purwahamba Indah memiliki pasir hitam yang sangat halus. Bukalah alas kaki dan rasakan sendiri sensasinya, kontur pantai yang landai juga menambah kenyamanan saat pengunjung menghabiskan waktu di tepian pantainya. Di bagian kanan pantai, yang juga terdapat tembok pembatas dengan Objek Wisata Taman Ria Sosro Permai, terdapat sebidang tanah yang lebih luas. Ya, di sinilah tempat yang pas untuk bersantai di tepi pantai. Para pengunjung bisa merebahkan diri di atas pasir sambil menikmati lautan luas di depan mata. Ombaknya pun cukup tenang, sehingga memberikan rasa nyaman. Sayangnya, masih banyak sampah-sampah plastik yang berceceran. Meski tidak terlalu banyak, tapi sampah-sampah tersebut akan menggangu pemandangan pengunjung. Hal ini seharusnya dapat diatasi dengan cepat oleh petugas pantai setempat. Puas bermain di pantai, saatnya mengisi perut dengan berbagai macam kuliner. Ada sajian makanan laut dengan kelapa muda yang segar untuk mengisi perut dan melepas dahaga para pengunjung. Tempat makannnya pun berada di bawah pepohonan yang rindang, jadi jangan takut kepanasan.





***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar